DEPAN   |   ARTIKEL   |   HUMOR   |   VIDEO   |   TAMU   |   KONTAK

New Page 1
New Page 1

[ 1 ] User Online

Hikmah

"Sungguh sedikit mereka yang melihat dengan mata mereka sendiri dan merasakan dengan hati mereka sendiri". (Albert Einstein)

Tulisan Pilihan

"Filosofi Pensil dan Kehidupan (Andrie Wongso)"

2980 kali dibaca (Artikel)

Kata Mereka

inoe
20 Desember 2013
"anjriitt.. keren"

asepmic74
15 November 2013
"bagus mas website dan karya2nya"

 
[ tulis ] [ lihat semua ]
 
Follow achmadharir on Twitter
 
 
 
 

Wawancara anak Jalanan

Tanggal Tidak Tersedia
sumber : kaskus.us
 

Mumpung masih syawal :) . Berikut ini wawancara dengan anak jalanan. Kesan pesan mereka tentang Ramadhan kemarin. Hebatnya mereka semua suka ramadhan . Bahkan Ingin Ramadhan sepanjang tahun !
 
oOo
 Namaku Hamdhan, Kalau tidak salah umurku sebelas tahun. Cari aku di kolong jembatan layang di malam hari. Bisanya aku tidur disana setelah ngamen atau mengemis.
 Aku suka Ramadhan. Dibulan yang lain makanku tidak menentu. Kadang bisa makan jika dapati uang. Kadang harus menahan lapar seharian. Di bulan puasa makananku terjamin.Tinggal datang ke masjid mushala .Ada makanan enak menanti .Ta'jil katanya, pembuka puasa. Ahh Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo
 
 Namaku Tono, Umurku 11 tahun. Aku bekerja sebagai buruh bangunan.Aku mengangkut barang yang lebih ringan dibanding bapak-bapak yang lain.Aku harus bekerja karena keluargaku miskin.Upahku kuberikan kepada emak. agar kami bisa makan hari itu.
 Aku suka Ramadhan ! Karena di bulan Ramadhan majikanku berpuasa dari mengomel dan memukuliku kalau aku salah atau lambat kerjanya.Padahal aku 'kan sering capek dan juga ingin bermain seperti teman seusiaku.Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo
 
 Ramadhan? Aku suka itu .Pundi-pundi berisi penuh .Tak cuma koin receh, dibulan Ramadhan juga banyak uang kertas. Yang mereka lemparkan dari balik kaca mobil mewah saat kusodorkan mangkuk plastik di lampu merah. Bulan puasa tiba-tiba membuat banyak orang baik ya?
 Jadi ibuku bilang: "Amir, ada sisa untuk ditabung, mudah-mudahan kamu bisa sekolah lagi ... Ibu Tidak mau kamu terus-terusan jadi pengemis Nak " . Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...


oOo
 
 Namaku Sri. Aku yatim karena bapakku sudah meninggal. Kalau ingin ganti baju yang tidak ada tambal-tambal ber lubang Ya harus tunggu bulan setahun sekali. Bulan apa ya..Pokoknya yang ada lebarannya itu. Orang-orang kaya ganti baju.
 Di bulan Ramadhan mereka menyumbangkan baju bekas mereka. Tapi masih bagus bagus kok .Kalo Lebaran aku pake baju-baju itu
 Benar emak menasehati : .."Sabar nduk, Gusti Allah ora sare..". Emak suka Menenangkan rengekanku kalau minta baju baru. Karena aku malu diejek.
 Terima kasih Ya Alloh ada Ramadhan aku jadi dapat baju bagus. Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo
 
 Namaku untung. Rumah deket rel kereta api. Sebelah barat pembuangan sampah.
 Bulan yang paling menyenangkan adalah Ramadhan. Kalau beberapa hari mau lebaran. Orang-orang kaya mencari-cari Kami.Mereka mencari pengemis dan gelandangan alias "Gepeng". Katanya Mereka mau memberi zakat. Karena kalau sudah sholat Idh akan batal zakat fitrahnya
 Ayo ,Ikut saja bersamaku di malam takbiran . Kita Tenang-tenang saja tiduran di emperan pinggiran jalan. Mereka pasti tergopoh-gopoh membangunkan kita untuk terima zakat .Hanya Di bulan Ramadhan orang kaya cari-cari orang miskin .. hehe. Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo
 
 Assalamu'alaikum. Namaku Salim. Walau masih kecil aku sudah kerja lo.Jadi kuli angkut. tapi aku angkat yang ringan-ringan. Walau orangtuaku miskin mereka melarangku mengemis !
 Kalau Ramadhan. Aku menemani Bapak . Orang memanggilnya Bang maman. Aku Mengambilkan minum dan sesekali pijati punggungnya bergantian sama emak .Bapakku kuli juga.
 Beliau sering kecapekan kalau Ramadhan.Karena di bulan Ramadhan ia banyak sekali angkut mebel juga kulkas, tivi baru . Kadang dimintai tolong memperbaiki rumah dan ngecat
 Aku sering tanya bapak .Apa bulan puasa artinya ganti perabotan ya? Bapak hanya tersenyum dan menepuk pipiku.
 Tapi aku suka Ramadhan. Bapaku jadi banyak kerjaan. Itu artinya aku bisa makan opor dan ketupat. walau setahun sekali. Aku suka Andai sepanjang Tahun itu Ramadhan...

oOo
 
Salim, Untung, Sri , Amir, Tono dan Hamdan adalah teman sepermainan di sebuah perkampungan Kumuh. Kebetulan mereka mendengarkan ceramah Bang Maman, ustadz miskin yang jadi imam mushola :
"Tuhan itu bisa berbuat apa saja .Maha Kuasa.Tuhan juga Pemurah. Mau mendengarkan doa dari siapa saja.Termasuk anak jalanan miskin terlantar seperti mereka"
seketika itu juga Salim, Untung, Sri , Amir, Tono Hamdan doa bersama :
Ya Alloh , Kami Mengemis padaMu..Jadikan cuma ada Ramadhan Sepanjang tahun…Amin...
 
Ternyata puasa yang dipandang berat oleh sebagian orang itu, Serta keluhan kita sehari-hari, Tidak seberapa dibanding penderitaan saudara-saudara Kita. Mereka adalah orang yang sering kita abaikan. Bahkan kita pandang sebelah mata. " Dan Nikmat Tuhanmu manakah yang engkau Dustakan ? " ( QS Ar-Rahman )
.........

[ artikel lainnya... ] Share pada Facebook |
 
 

Achmad Harir 2011 - Arsenal Design